29 Oktober 2015

Sejarah

SMK Negeri 5 Sijunjung merupakan salah satu Sekolah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ada di Sumatera Barat. Didirikan pada tahun 2008, SMK Negeri 5 Sijunjung efektif melakukan proses belajar mengajar pada tahun pelajaran 2009/ 2010. Pada awalnya pembelajaran praktik kejuruan memanfaatkan lokasi tambahan yang disewa serta dimanfaatkan juga sebagai Unit Produksi (UP). Hal tersebut dikarenakan akses PLN dan Telkom masih belum tersedia, hal tersebut berlangsung selama satu semester.

Sebagai sekolah TIK, pada awalnya SMK Negeri 5 Sijunjung membuka dua kompetensi keahlian, yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Multimedia (MM). Barulah pada tahun pelajaran 2011/ 2012 dibuka satu program studi baru yaitu Seni Rupa, kompetensi keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV).

Hingga saat ini SMK Negeri 5 Sijunjung telah meluluskan tujuh angkatan, yang telah bekerja pada bidang keahliannya masing-masing serta melanjutkan kuliah baik di universitas negeri maupun swasta melalui jalur Bidik Misi, SNMPTN dan SBMPTN.

Dalam perjalanannya, SMK Negeri 5 Sijunjung telah dinakhodai oleh dua orang kepala sekolah. Periode awal SMK Negeri 5 Sijunjung dipimpin oleh bapak Ariesto Amri, S.Pd, MM hingga tahun penghujung 2011, dilanjutkan oleh bapak Drs. ASRIL, MM hingga saat ini.